Kamis, 29 November 2012

Bedah Website E-Comm dan E-Business (Website SUCH! by Suci Utami)

E-Commerce adalah bagian dari E-Business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan.
Tulisan saya kali ini akan mencoba untuk membedah sebuah website e-comm, beberapa hal yang akan dibahas adalah :
1.     Sejarah Perusahaan
2.    Visi misi Perusahaan
3.    Kelebihan website
4.    Kekurangan website
5. Yang perlu dilakukan agar website tersebut dapat dikategorikan sebagai website yang baik
Disini saya mengambil sebuah contoh website yang bertema hijab. Pada website ini menjual beraneka ragam model dan motif pasmina, inner ninja, serta busana muslimah yang trendi. Inilah tampilan dari website yang bernama “ SUCH! By suci utami “
Sejarah Website SUCH! by suci utami
Berdasarkan artikel yang saya baca yang bersumber dari wolipop.detik.com website ini terbentuk karena terinspirasi dari blog-blog bertema hijab. Sang owner yaitu Suci Utami awalnya adalah seorang blogger, di blognya ia selalu memosting foto-foto berhijab dengan mengenakan pasmina berbahan kaus, dan blognya banyak disukai oleh pembaca. Nah, dari situlah Suci Utami melihat adanya peluang usaha. Berikut ini sedikit kutipan dari artikel yang saya baca :
"Sebenarnya nggak ngambil itu sebagai opportunity juga, tapi pada saat itu hijab bahan kaus belum terlalu in. Aku lihat peluangnya oke banget karena aku beberapa kali pakai di blog dan banyak yang nanyain aku beli dimana," tambah wanita yang memulai bisnis onlinenya pada awal 2011.


Visi dan Misi dari perusahaan
Untuk visi dan misi sendiri kalau menurut pandangan saya sebagai seorang pembaca tidaklah terlalu muluk-muluk, sebab sebagaimana yang Suci Utami tuliskan dalam akun twiternya bahwa visinya adalah membuat kita sebagai wanita muslimah yang mengenakan jilbab terlihat lebih mempunyai style namun tetap syar’i. Beginilah kutipan pada akun twiternya :
Such! is a brand which provide fashionable hijab apparels for you who want to look syar'i yet still stylish. Above all, we want to make friends, many friends!
Untuk misinya berdasarkan artikel yang saya baca adalah Suci Utami masih ingin melebarkan bisnisnya dengan mendirikan butik di Indonesia untuk brand pakaian muslimnya.
Kelebihan Website
Menurut saya kelebihan website ini terletak pada konten yang dihadirkan. Selain menjual produk-produknya Suci Utami juga menghadirkan tutorial cara memakai hijab dan make up. Pada website juga tidak diisi dengan iklan-iklan yang sekiranya mempromosikan barang-barang lain di luar tema berhijab. Walaupun ada iklan yang dihadirkan namun tetap mempunyai tema yang sama yaitu hijab. Di sini juga merupakan letak kelebihannya, karena dari iklan yang dipasang merupakan produk hijab yang lain, dan di dalamnya pun terdapat tutorial-tutorial memakai hijab juga, sehingga menambah variasi untuk kalian wanita muslim berjilbab untuk mencontoh model-model style hijab.
Kekurangan Website
Menurut saya kekurangannya, tidak adanya “how to buy”, karena jika kita sebagai pembeli yang baru pertama kali ingin melakukan pembelian pasti bingung bagaimana cara berbelanjanya. Kemudian tidak adanya “about us” sebagai sedikit informasi mengenai web dan sang owner. Kemudian tidak adanya keranjang belanja pada website ini. Walaupun ada order form tapi jika ada keranjang belanja rasanya akan lebih memudahkan pembeli untuk melakukan pemilihan barang, karena pembeli tinggal melakukan ceklis untuk barang yang ingin dibeli.

Akhir kata sebagai penutup dengan membuat website e-commerce yang cantik, keren dan profesional, biasanya calon pembeli akan lebih respek, percaya dan kemungkinan akan mau belanja di website kita J .


Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar