GRAFIKA KOMPUTER telah menjadi bagian hidup
modern dewasa ini. Hampir semua bidang memanfaatkan grafika komputer untuk menunjang
pekerjaannya. Bidang yang paling banyak menggunakan grafika komputer adalah bidang
yang berinteraksi langsung dengan manusia dan bersifat visual. Jadi apa itu
grafika komputer ?
Grafika Komputer adalah suatu bidang komputer
yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara
manusia dengan komputer dengan jalan membangkitkan , menyimpan dan memanipulasi
gambar suatu objek. Grafika computer memungkinkan kita untuk berkomunikasi
lewat gambar, bagan dan diagram–diagram. Hal ini disebabkan grafika berhadapan
dengan teknik dan teori sintesis gambar komputer. Grafis yang dibuat dengan
menggunakan computer umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi data
dengan komputer.
Perkembangan komputer grafis telah membuat
komputer lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik dalam memahami dan
menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak
yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi
dan industri. Dan hampir semua komputer menggunakan beberapa grafis untuk mengendalikan
komputer mereka melalui ikon dan gambar. Grafika komputer dihasilkan menyentuh
banyak aspek kehidupan sehari-hari kita, dapat ditemukan di televisi, di koran,
laporan cuaca, dan masih banyak lagi.
Pada perkembangan saat ini,
pemanfaatan teknologi grafika komputer sangat dibutuhkan untuk
memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi objek grafis, dan
implementasi untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda. Sampai saat ini ilmu
grafika computer mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga bisa
mengahsilkan gambar digital yang mendekati real. Dan salah satu bagian dari
grafika komputer adalah animasi. Apa
animasi itu ?
Animasi berasal dari bahasa latin,
anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi ialah suatu seni
untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri
dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi yang merupakan salah satu bagian dari
grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif.
Animasi biasa dimanfaatkan untuk menarik perhatian pemakai komputer dibagian
tertentu dari layer, memvisualisaikan cara kerja suatu suatu alat, menampilkan
keluaran program dengan gambar-gambar yang lebih menarik dibandingkan bila
hanya berupa sederetan angka, serta tak ketinggalan pula untuk program-program
permainan. Bahkan jika menonton tv banyak tampilan yang dibantu dengan animasi
untuk lebih menarik perhatian pemirsa.Contohnya adalah Toy Story (1995), merupakan
film pertama yang di produksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan
teknologi grafika komputer. Sejak saat itu, mulailah studio animasi digital
lain untuk membuat film serupa. diantaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions
(Paramount Pictures and Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony
Pictures Animation (Columbia Pictures) dan DreamWorks dan lain sebagainya.
===BEBERAPA JENIS
TEKNIK FILM ANIMASI===
Berdasarkan materi
atau bahan dasar obyek animasi yang dipakai, secara umum jenis teknik film
animasi digolongkan dua bagian besar yaitu :
1. Film animasi
Dwi-matra (Flat Animation)
Jenis film animasi
ini seluruhnya menggunakan bahan papar yang dapat digambar di atas
permukaannya. Disebut juga jenis film animasi gambar sebab hamper semua obyek
animasinya melalui runtunkerja gambar. Semua runtun kerja jenis film animasi
ini dikerjakan di atas bidang datar atau papar. Beberapa jenis film animasi dwi-matra :
a. Film Animasi ‘sel’(Cel
Technique)
Jenis film animasi ini merupakan
teknik dasar dari film animasi kartun (cartoon animation). Teknik animasi ini
memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di atas lembaran plastic tembus pandang.
b. Film Animasi Potongan (Cut-out
Animation)
Jenis film animasi ini termasuk
penggunaan teknik yang sederhana dan mudah. Figur atau obyek animasi dirancang,
digambar pada lembaran kertas lalu dipotong sesuai dengan bentuk yang telah
dibuat dan diletakkan pada sebuah budang datar sebagai latar belakangnya.
Pemotretan dilakukan dengan menganalisis langsung tiap gerakan dengan tangan,
sesuai dengan tuntutan cerita.
c. Film animasi bayangan (Silhoutte
Animation)
Seperti halnya pertunjukkan wayang
kulit, jenis film animasi ini menggunakan cara yang hampir sama, figur atau
obyek animasi berupa bayangan dengan latar belakang terang, karena
pencahayaannya berada dibelakang layar.
d. Film animasi Kolase (Collage
Animation)
Yang selalu berhubungan dengan jenis
film animasi ini adalah sebuah teknik yang bebas mengembangkan keinginan kita
untuk menggerakkan obyek animasi semaunya di meja dudukan kamera. Teknik ini
cukup sederhana dan mudah dengan beberapa bahan yang bisa dipakai.
e. Penggambara Langsung Pada Film
Tidak seperti film animasi lainnya,
jenis film animasi ini menggunakan teknik,penggambaran obyek animasi dibuat
langsung pada pita seluloid baik positif atau negatif,tanpa melalui runtun
pemotretan kamera “stop frame”, untuk suatu kebutuhan karya seni yang bersifat
pengungkapan.
2. Film animasi Tri-matra (Object
Animation)
Secara keseluruhan, jenis film animasi
tri-matra menggunakan teknuk runtun kerja yang sama dengan jenis film animasi
dwi-matra, bedanya, obyek animasi yang dipakai dalam wujud tri-matra. Denagn
memperhitungkan, karakter obyek animasi, sifat bahan yang dipakai, waktu,
cahaya dan ruang. Berdasarkan bentuk dan bahan yang digunakan, termasuk dalam
jenis film animasi ini adalah :
a. Film Animasi Boneka (Puppet
Animation)
Obyek animasi yang dipakai dalam jenis
film ini adalah boneka dan figure lainnya, merupakan penyederhanaan dari bentuk
alam benda yang ada, terbuat dari bahan-bahan yang menpunyai sifat lentuk
(plastic) dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingka per
bingkai.
b. Film Animasi Model
Obyek animasi tri-matra dalam jenis
film ini berupa macam-macam bentuk animasi yang bukan boneka dan sejenisnya,
seperti bentuk-bentuk abstrak.
c. Pixilasi (Pixilation)
Jenis film animasi tri-matra yang
memakai figure manusia sebagai obyek animasi. Pixilasi adalah suatu teknik
pemotretan dimana manusia berbuat atau melakukan sesuatu adegan seperti boneka,
sama halnya yang dilakukan dalam film animasi pada umumnya.
Sumber :
- lppm.trigunadharma.ac.id/.../hptM4-Jurnal-Zulfian-implementasi grafika animasi.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar