Minggu, 01 Juli 2012

GRAFIK KOMPUTER ANIMASI


GRAFIKA KOMPUTER telah menjadi bagian hidup modern dewasa ini. Hampir semua bidang memanfaatkan grafika komputer untuk menunjang pekerjaannya. Bidang yang paling banyak menggunakan grafika komputer adalah bidang yang berinteraksi langsung dengan manusia dan bersifat visual. Jadi apa itu grafika komputer ?

Grafika Komputer adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan komputer dengan jalan membangkitkan , menyimpan dan memanipulasi gambar suatu objek. Grafika computer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar, bagan dan diagram–diagram. Hal ini disebabkan grafika berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar komputer. Grafis yang dibuat dengan menggunakan computer umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi data dengan komputer.

Perkembangan komputer grafis telah membuat komputer lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik dalam memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri. Dan hampir semua komputer menggunakan beberapa grafis untuk mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan gambar. Grafika komputer dihasilkan menyentuh banyak aspek kehidupan sehari-hari kita, dapat ditemukan di televisi, di koran, laporan cuaca, dan masih banyak lagi.

Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi objek grafis, dan implementasi untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda. Sampai saat ini ilmu grafika computer mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga bisa mengahsilkan gambar digital yang mendekati real. Dan salah satu bagian dari
grafika komputer adalah animasi. Apa animasi itu ?

Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi ialah suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi yang merupakan salah satu bagian dari grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif. Animasi biasa dimanfaatkan untuk menarik perhatian pemakai komputer dibagian tertentu dari layer, memvisualisaikan cara kerja suatu suatu alat, menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang lebih menarik dibandingkan bila hanya berupa sederetan angka, serta tak ketinggalan pula untuk program-program permainan. Bahkan jika menonton tv banyak tampilan yang dibantu dengan animasi untuk lebih menarik perhatian pemirsa.Contohnya adalah Toy Story (1995), merupakan film pertama yang di produksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan teknologi grafika komputer. Sejak saat itu, mulailah studio animasi digital lain untuk membuat film serupa. diantaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures and Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures) dan DreamWorks dan lain sebagainya.

===BEBERAPA JENIS TEKNIK FILM ANIMASI===
Berdasarkan materi atau bahan dasar obyek animasi yang dipakai, secara umum jenis teknik film animasi digolongkan dua bagian besar yaitu :

1. Film animasi Dwi-matra (Flat Animation)
Jenis film animasi ini seluruhnya menggunakan bahan papar yang dapat digambar di atas permukaannya. Disebut juga jenis film animasi gambar sebab hamper semua obyek animasinya melalui runtunkerja gambar. Semua runtun kerja jenis film animasi ini dikerjakan di atas bidang datar atau papar. Beberapa jenis film animasi dwi-matra :
a. Film Animasi ‘sel’(Cel Technique)
Jenis film animasi ini merupakan teknik dasar dari film animasi kartun (cartoon animation). Teknik animasi ini memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di atas lembaran plastic tembus pandang.
b. Film Animasi Potongan (Cut-out Animation)
Jenis film animasi ini termasuk penggunaan teknik yang sederhana dan mudah. Figur atau obyek animasi dirancang, digambar pada lembaran kertas lalu dipotong sesuai dengan bentuk yang telah dibuat dan diletakkan pada sebuah budang datar sebagai latar belakangnya. Pemotretan dilakukan dengan menganalisis langsung tiap gerakan dengan tangan, sesuai dengan tuntutan cerita.
c. Film animasi bayangan (Silhoutte Animation)
Seperti halnya pertunjukkan wayang kulit, jenis film animasi ini menggunakan cara yang hampir sama, figur atau obyek animasi berupa bayangan dengan latar belakang terang, karena pencahayaannya berada dibelakang layar.
d. Film animasi Kolase (Collage Animation)
Yang selalu berhubungan dengan jenis film animasi ini adalah sebuah teknik yang bebas mengembangkan keinginan kita untuk menggerakkan obyek animasi semaunya di meja dudukan kamera. Teknik ini cukup sederhana dan mudah dengan beberapa bahan yang bisa dipakai.
e. Penggambara Langsung Pada Film
Tidak seperti film animasi lainnya, jenis film animasi ini menggunakan teknik,penggambaran obyek animasi dibuat langsung pada pita seluloid baik positif atau negatif,tanpa melalui runtun pemotretan kamera “stop frame”, untuk suatu kebutuhan karya seni yang bersifat pengungkapan.

2. Film animasi Tri-matra (Object Animation)
Secara keseluruhan, jenis film animasi tri-matra menggunakan teknuk runtun kerja yang sama dengan jenis film animasi dwi-matra, bedanya, obyek animasi yang dipakai dalam wujud tri-matra. Denagn memperhitungkan, karakter obyek animasi, sifat bahan yang dipakai, waktu, cahaya dan ruang. Berdasarkan bentuk dan bahan yang digunakan, termasuk dalam jenis film animasi ini adalah :
a. Film Animasi Boneka (Puppet Animation)
Obyek animasi yang dipakai dalam jenis film ini adalah boneka dan figure lainnya, merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada, terbuat dari bahan-bahan yang menpunyai sifat lentuk (plastic) dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingka per bingkai.
b. Film Animasi Model
Obyek animasi tri-matra dalam jenis film ini berupa macam-macam bentuk animasi yang bukan boneka dan sejenisnya, seperti bentuk-bentuk abstrak.
c. Pixilasi (Pixilation)
Jenis film animasi tri-matra yang memakai figure manusia sebagai obyek animasi. Pixilasi adalah suatu teknik pemotretan dimana manusia berbuat atau melakukan sesuatu adegan seperti boneka, sama halnya yang dilakukan dalam film animasi pada umumnya.



Sumber :
lppm.trigunadharma.ac.id/.../hptM4-Jurnal-Zulfian-implementasi grafika animasi.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar